Langsung ke konten utama

RETREAT


Ada beberapa pertanyaan yang perlu dijawab sebelum membaca artikel ini. Pertanyaan untuk mengukur apakah kita perlu retreat atau tidak ?
  1. Apakah bisa mengingat kapan terakhir berlibur ?
  2. Apakah sudah merasa tidak produktif di kantor atau kuliah atau rumah ?
  3. Apakah sering sakit, atau stress yang berkepanjangan sehingga mengakibatkan fisik sakit ?
  4. Apakah pekerjaan yang menumpuk menjadi alasan untuk tidak cuti ?
  5. Apakah lebih sering ngobrol dengan teman atau sahabat enaknya liburan impian ?
  6. Apakah lebih sering melihat foto di sosial media tentang tempat liburan yang menyenangkan ?
  7. Apakah membuat komentar di sosial media keluarga atau teman yang lebih berlibur, “wah enaknya….” ?

Nah bila, sering menjawab ya dan sudah lama tidak berlibur, maka saatnya merencanakan LIBURAN. Horeee….

Tapi yang kita bahas sekarang adalah RETREAT, LIBURAN beda dengan RETREAT.

RETREAT dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah : khalwat mengundurkan diri dari dunia ramai untuk mencari ketenangan batin.

atau kalau dalam bahasa saya adalah waktu untuk keluar dari rutinitas (BREAK), dan mengisi kembali batin dan jiwa kita (REJUVENATE).

Pertanyaan yang sudah kita bersama jawab di atas, awalnya adalah pertanyaan buat saya sendiri karena kejenuhan di aktivitas kantor dan organisasi yang saya lakukan. Tubuh ini merasa kok pegal pegal, sering letih, pekerjaan jadi enggak efektif kerjanya, tidak ada ide yang keluar dan sering mengeluh.

Dan saatnya untuk melakukan STEP OUT. Dan ternyata hari Senin kemarin memiliki kesempatan untuk melakukan RETREAT sederhana. Menemani sang adik ipar ke rumahnya di Mojosari, Mojokerto untuk memberi makan ikan arwana merahnya.

Pemandangan Gunung


Bersama dengan adik dan istriku, kita berangkat dari Surabaya ke Mojosari. Menikmati sepanjang perjalanan dengan sawah yang menghijau di kanan dan kiri. Bercerita dengan adik dan istri. Tukar cerita cerita lucu, pengalaman pekerjaan. Dan serunya mencari jalur alternatif ketika jalur utama macet.

Rumput dan Buku Bacaan

Dan ketika sampai di rumah sang adik, rumahnya memiliki rumput yang asri di tengah sekeliling rumahnya yang kering. dan seketika itu waktunya untuk siram siram rumput dan tanaman. kesegaran rumput yang tersiram air, dan ketika telapak tangan menapak rumput itu, rasanya segar sekali.


Rumput Hijau - Rumput Kering - Jalan

RETREAT lebih memberikan kesempatan bagi tubuh kita untuk lebih memaksimalkan 5 panca indera kita, menggunakan indera pendengar untuk dapat mendengarkan suara motor di tengah kejauhan dan suara kambing di dekat rumah, indera penciuman untuk mencium kesegaran rumput yang tersiram air, indera perasa untuk merasakan angin yang semilir dan membuat ngantuk. Indera penglihatan untuk melihat kontrasnya rumput hijau dan jalan kering. dan indera perasa (mulut) untuk merasakan coklat brownies. :)

Syukur sekali di rumah ini, yang namanya Handphone agak terbatas karena sinyal tidak terlalu kuat, dan saya lebih setuju untuk mematikan data seluler saya, dan menaruh handphone saya jauh jauh di meja dapur. Dan memanfaatkan membaca buku di halaman sambil ditiup angin semilir.

Perjalanan kecil ini memang adalah An escape for your daily life.

Memutus kepenatan rutinitas. Memperbarui raga dan jiwa.

Berikut Tips RETREAT dari saya :

  1. Cari tempat yang bisa membuat relaks dan tenang
  2. Kembali ke alam. Pantai. Danau dan pegunungan. Apapun yang bisa membuat anda berinteraksi dengan alam.
  3. 5 senses dipakai
  4. Putuskan koneksi internet anda dan bila memungkinkan
  5. Bawalah peralatan yang bisa membuat anda merasa refresh kembali. Celana renang untuk berenang, buku favorit untuk dibaca, bubuk coklat (work every time) untuk diminum dengan tambahan segelas air hangat.
  6. Ikutilah RETREAT Keagamaan sekali sekali. Untuk memulihkan jiwa dan mendekatkan pada Tuhan

Plan & Enjoy your RETREAT

Komentar

Postingan populer dari blog ini

italian cuisine

so i wanna try to review oneof italian cuisine that i ate in dinner today. actally i spent it alone and have adinner alone is not good at all. totally., so instead i just eat, i also wrote this blog. so today i ate. creme de fungi (mushroom soup) and spinaci ravioli (spinach pasta) with carrot, brocolli, and pieces of chicken breast with cheesy sauce. the soup is nice, but i also tried in one of thefine dining restaurant, the one that i ate is still not good enough, not perfecto. but, it depend the chef and the prices. anyway for the first time i eat this kind of vegetables pasta, so the pasta is greenish colour. and the taste of thespinach is still there. so it doesnt loose the spinach taste. the greenish pasta is like the greennoodles, ithink it used the same based i gredient : spinach. but one of my favourite restaurant that i used to eat, doesnt taste the spinach at all. only the greenish colour, :) i like italian cuisine, but not like the pizza hut style, a mass product food

Pinjaman Uang

Satu hal yang aneh yang menurut saya beberapa kali alami. Dan entah kenapa kok selalu ada saja adalah ketika saya mendapatkan rejeki dalam bentuk uang. Ada kerabat atau seseorang yang tiba tiba menelepon saja dan memang karena ada kebutuhan yang dibutuhkan saat itu,menanyakan kepada saya untuk dapat meminjam uang untuk hal hal tersebut. Dan ketika di saat hal itu terjadi. Nurani saya bergejolak. Dipinjamkan sesuai permintaan, atau tidak sesuai permintaan atau tidak sama sekali. Bukan berarti di saat itu rejeki tersebut saya tidak butuh. Saya membutuhkannya tapi kembali lagi bukan suatu emergency. Yang saya bahas dalam hal ini adalah. Kenapa ya kok saya ? Bukan orang lain. Dan kenapa dalam hitungan jam ketika saya mendapatkan rejeki itu. Eh kok ada yang kontak saya. Berusaha untuk berpikir dan berpikir.... namun selalu mengarah ke satu hal. Tuhan pengen ajak saya belajar untuk dapat memberi. (Meski awalnya terasa berat) Nanti untuk urusan uang itu kembali kapan. Ya saya berpikir k

Human Capital Fighter

My resolution for 2012 about fighting for Human Resources is finally achieved last April. About asking raising for my coworker, and also about myself. And about the finalisation about the status of my coworker to become a fixed employee. Somehow, i believe a leader is a person who know the capability of his team and encourage them to do the best, and they will do the best beyond your expectation. That what i believed. It's not how big the precentage of the raise (well, it affect also), but they know how you fight, and they will know that they are part of the team, and they feel "I'm exist and I'm part of this whole company process". If you fight for them, i believe that they will do beyond. What next step, is to provide more human capital that beyond expectation. A sincere one, and have a big passion to make something better, improve something to be a marvelous. to analyze small things and detail and make it a breakthrough and innovative one. well, i enjoy thi